Selasa, 10 Desember 2013

Karena Menggunakan Kubah yang Mirip Masjid, Gereja Katedral St Yoseph Pontianak Didemo FPI


Sedikit terhenyak dan mengernyitkan dahi ketika membuka beranda facebook-ku. Ada salah satu sahabat yang mengirimkan berita FPI mempermasalahkan pembangunan Katedral Pontianak. Dalam berita tersebut, disebutkan bahwa FPI Kalimantan mempermasalahkan bangunan gereja tersebut karena meniru gaya bangunan Masjid. Karena penasaran, saya pun meluncur ke TKP. Ternyata saya dibawa masuk ke Grup Dukungan untuk FPI “Indonesia tanpa JIL”.

Betapa kaget saya ketika membaca kalimat kedua dalam thread tersebut “Islam Tidak Akan Pernah Mencari Masalah Kalau Musuhnya Tidak Cari Gara-Gara!!!” Sebuah kalimat yang luar biasa. Saya memiliki banyak sahabat Muslim. Tetapi, dari sahabat-sahabat tersebut saya banyak berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai perilaku beragama. Apakah umat Katolik telah dianggap sebagai musuh karena mencari gara-gara dengan membangun gereja berkubah?

Karena penasaran, akhirnya saya mencari banyak informasi tentang hubungan kubah yang menghiasai bangunan gereja. Saya pun berselancar mencari informasi lebih jauh.

Pada mulanya seluruh Gereja Katedral mulai dari Siria, Mesir, Yunani hingga Roma pasti menggunakan kubah, dan kubah memang pertama kali digunakan oleh orang beragama yang tempat ibadatnya disebut gereja, mengapa?

Karena kubah pada mulanya bernilai sebagai mahkota apostolik atau mahkota uskup atau paus yang disebut "chiara" dalam bahasa Latin. Setiap mahkota apostolik patriark, uskup dan paus pasti berbentuk kubah, oleh sebab itu gereja katedral memang seharusnya berkubah.

Setiap mahkota apostolik patriark, uskup dan paus pasti berbentuk kubah, oleh sebab itu gereja katedral memang seharusnya berkubah.

Memang pada arsitektur tradisi Romawi yang saat ini berkubah hanya beberapa terutama Gereja Basilika baik St. Yohanes Lateran maupun St. Petrus. Tetapi arsitektur Gereja-Gereja Timur Apostolik masih mempertahankan pemasangan kubah dalam pembangunannya.

Dalam penelusuran tersebut, saya menyimpulkan bahwa model kubah sudah ada jauh sebelum Islam berdiri. Soal kapan persisnya, tinjauan historis bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahuinya. Ada beberapa diskusi dan pendapat soal kapan pertama kali model kubah muncul dalam khasanah arsitektur.

Dengan demikian, menjadi aneh ketika bangunan gereja Katedral Pontianak yang mengadopsi model kubah diklaim sebagai meniru kubah Masjid. Sementara, bangunan masjid pertama yang menggunakan model kubah adalah Masjid Ummar di Yerusalem. Masjid ini dibangun saat khalifah Abdul Malik berkuasa (685-688). Klaim tersebut menjadi aneh ketika model kubah sendiri sudah ada lebih dahulu. Model kubah sendiri tidak hanya digunakan untuk bangunan gereja, tetapi juga dipakai untuk bangunan yang lain.

Kiranya sebuah bukti historis tersebut sudah meruntuhkan klaim bangunan gereja Katedral Pontianak meniru gaya bangunan Masjid. Sejarah telah membuktikan bahwa model kubah telah lebih dahulu digunakan. Sejarah tidak pernah bohong, kecuali sejarah itu telah dibelokkan untuk kepentingan tertentu.

Bagaimana mungkin sesuatu yang sudah ada meniru sesuatu yang belum ada? Hanya dengan berpikiran jernih dan luas, maka kita akan mampu melihat sebuah persoalan dengan lebih arif.



Gereja Katedral St Yoseph Pontianak dalam proses pembangunan

ARTIKEL TERKAIT :

49 komentar:

  1. Lanjut dibangun gerejanya... biarkan bajingan menggonggong

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kasar ya ngomongnya....

      Hapus
    2. setuju pak Lusius. lanjutkan saja pembangunan gereja Katedral ini. Lebih kasar orang yang melarang orang lain beribadah.

      Hapus
    3. hahaha... setuju dgn pak Lusiius...

      Hapus
    4. anda jangan menggonggong juga

      Hapus
    5. FPI mesti diberantas.

      Hapus
    6. pangkalnya adalah irihati,

      Hapus
  2. selama tidak mengganggu kepentingan umum / tidak merugikan orang lain dan secara yuridis formal terpenuhi... silahkan saja diteruskan... khan hanya modelnya kubahnya saja yang dipermasalahkan....

    BalasHapus
  3. Ya mmg kl agama ada yg menunggangi kyk gituw jadinya. Bohong lah kl fpi murni islam. Hare gini makan aja bayar. Mana kenyang kl doa aja. Apalg yg ikut fpi ditv jg ngak kurus2 kyk org india yg benr2 hidup buat doa.Mnrt saya merubah negara kesatuan ri menjadi negara islam hmmmm ya sebenarnya sangat seperti perbuatan makar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai seorang muslim yang pernah mengajar sejarah bangunan, saya terus terang merasa malu dengan tindakan FPI, memakai nama agama tapi tidak memakai otak.

      Saya setuju dgn saudari Susanti bahwa agama kami sudah ditunggangi & dipolitisir. Dipolitisir oleh setan-setan pemuja uang yang rela menghancurkan agama demi kepuasan pribadi.

      Saya ingin meluruskan, bahwa sebagian orang Islam juga membenci dan tidak mengakui FPI sebagai representasi agama kami, karena mereka lebih dekat dengan perwujudan budaya arab daripada perwujudan budaya Islam.

      Namun karena mereka memakai nama Islam, saya mohon maaf untuk saudara-saudara Katolik atas tindakan super goblok mereka.

      Hapus
    2. ini dia jawaban cerdas, muslim berpendidikan ya gini

      Hapus
  4. UDAH GAK USAH RIBUT,,,INGAT TUHAN TIDAK BERAGAMA JANGAN SALING BENAR SENDIRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

      Hapus
  5. Goblog kok dipamer-pamerkan. Kubah bukan monopoli mesjid, juga bukan monopoli gereja. Orang dulu menciptakan kubah untuk menaungi ruang luas tanpa terhalang tiang-tiang. Ini masalah konstruksi, bukan agama.

    BalasHapus
  6. Mari mendoakan mereka.
    Tuhan yang menciptakan hati dan otak mereka pasti tahu yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Tuhan memberi mereka otak? Gak salah tuh?

      Hapus
  7. sebenernya masalah2 kayak gini akarnya cuma satu, kuper.

    kuper, males baca buku, sotoy. KLOP BANGET.

    BalasHapus
  8. Iya masalah kubah gak usah dibahas selama tidak mengganggu kepentingan umum dan norma2 ... itu hak azasi masing2

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu banyak orang bodoh di Indonesia, tutup aja mulut para orang barbar itu yang berkoak koak ga pake otak pasti dia mengkipas2 uangnya dan pulang dengan tenang. Tolong donk disadarkan umatnya di Mesjid jangan diajari kejahatan. Kasihan donk anak orang lain anda ajari kejahatan. emang loe siapa? ngajarin umatmu hal-hal bodoh dan jahat, jadi tolong diajarkan yng baik di FPI ok bossss. Peace

      Hapus
  10. HAHAHA HOAHAHAHOAOAOAHAHAHAHA....
    Sorry but seriously... hahahaahahHaahHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  11. kalau anda2 telusurii sejarah perkembngan arsitektur timur tengah sampai ke yerusalem.. itu da kemiripan2 bentuk di antaranya.. terutama d bagunan religinya.. awalny memang gereja berbentuk kubah2, setelah beberapa dekade hingga perang salib baru mulai bermunculan perubahan model2 bngunan gereja hingga sampai yg sekrang ini...

    BalasHapus
  12. Jauh sebelum FPI lahir ...telah banyak gereja berkubah pada abad pertengahan ..dan gereja itu masih ada sekarang ...ga tahu cara mikir FPI ...mestinya ditambah wawasannya ..sebelum buat statemen ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. FPI FPI FPI FPI .......maunya kamu itu apa sih ?!

      Hapus
  13. seharusnya umat Kristen yang protes, kenapa mesjit meniru / ikut-ikutan gaya kubah GEREJA
    ibadah orang muslim awal mula itu hanya di lapangan terbuka. ckckck inilah ulah fpi tukang klaim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FPI mirip kayak Malaysia, dikit2 klaim punya islam. hehehe. Ketahuan SD aja ga lulus mau sok pinter. Diketawain seluruh dunia kegoblokannya.

      Hapus
    2. iya .....kerjaannya mengklaim melulu.....,kapan koreksi dirinya ya ? Kapan sembahyang nya ya ? Bukan "sembah HYANG" kali.....tapi sembah "syaetan". Setahu saya kalau orang suka sembah Hyang itu,buah2nya adalah "kebaikan' bukan ""kejahatan" (kebencian,irihati,kemarahan,kekerasan,dendam dlllll). fpi.....fpi....kasihan deh lu ! Tidak punya "kedamaian",panas hati melulu......

      Hapus
  14. Apapun yg dikerjakan pengikut Kristus adalah penistaan terhadap FPI. Pemimpin negara ini pun tdk berani dengan FPI. Praktek bernegara berdasarkan Syariah Islam adalah tujuan FPI. Jangan heran jika suatu saat nanti anda tdk bisa lagi beribadah di gereja karena tdk diijinkan. Itulah Indonesia masa depan. NKRI memang sudah dalam bahaya dan terancam bubar sejak Dwifungsi ABRI dihapus. ABRI sebagai PEMBELA keutuhan NKRI dan Pancasila telah dilucuti kewenangannya. Karena itu, berdoa saja supaya anda masih bisa merasa aman dalam menjalani aktivitas harian anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. llah justru FPI menistakan agamanya sendiri. salah satu penistaannya kalimat yg ditulis di grup FPI diatas itu 'Islam tidak akan mencari masalah kalau musuhnya tidak mencari gara2'. pret!!! dangkal benget otak FPI ini. saya muslim taat, dari dulu saya tahu Islam itu damai, tidak mengenal kata MUSUH!! karena musuh bukan untuk diperangi tapi dirangkul... itulah Islam.

      Hapus
    2. Makanya kasih tau temen, sodara dan handai tolan agar segera rajin ke gereja, sapa tau minggu depan gereja tak diijinkan lagi menjadi tempat beribadah.

      Hapus
  15. FPI hanyalah anjing dan Babi..... Lama2 Laskar dayak Potong Kepala mereka!!!

    BalasHapus
  16. Ini laskar kurang kerjaan kali, senang'y buat onar?? Dasar laskar nasi bungkus. Memang, pohon'y dpt kita kenal dari buah'y. Kalau pohon'y jelek pasti buah'y jg busuk. Makin hari pengikut mamad ini makin parah. Giliran negara2 islam dpt b encana, bukan dari negara2 islam yg datang membantu. Malah dari Negara2 Yahudi/Kristen yg mereka anggap kafir.

    BalasHapus
  17. Hadeeh.. lagi2 bikin onaar. Saya pikir mereka itu bukan Islam, karena tokoh2 Islam terdahulu tidak ada yang mencontohkan hal seperti itu. Saya punya banyak teman yang belainan agama, budha, kristen, tapi tidak ada masalah, karena Tuhan itu satu,dan bukankah setiap agama selalu mengajarkan kebaikan?!

    BalasHapus
  18. Bertobatlah fpi.....,supaya hatimu DAMAI,sedamai suasana SURGA .....yg didambakan banyak orang.........

    BalasHapus
  19. Hanya berdasarkan "page" dari facebook doang ini langsung buat Artikel kayak gini. Bocah ingusan juga bisa buat page di facebook dan mengatasnamakan FPI. Silahkan kroscek ke FPI langsung baru bisa menulis kritik dalam bentuk artikel!

    BalasHapus
  20. Kalo itu benar, artinya mereka harus belajar sejarah.

    BalasHapus
  21. Semoga kebenaran bisa ditegakkan...

    BalasHapus
  22. lebih baik di buat forum para akademisi dan pendidik arsitektur, bidang sejarah dan pihak2 yang mengklaim... supaya nambah wawasan... saya sudah lama dengar klaim klaim konyol seperti itu.. tanpa referensi yang jelas.. kawan2 dari jurusan arsitektur pasti cuma ngelus dada melihat kekonyolan ini

    BalasHapus
  23. ga masuk akal bukannya mereka yg mengikuti desain gereja dengan kubah yg mirip kita?

    BalasHapus
  24. saya muslim, dan saya tidak melihat ada sebuah kesalahan disini. mereka hanya terpaku dengan simbolik dan lupa akan nilai yang sesungguhnya, dan saya membaca di wikipedia bentuk kubah pun sudah ada di 27 SM - Pantheon, Roma, Italia. Jadi saya fikir tidak perlu kita debatkan dan dari saya pribadi silahkan melanjutkan pembangunannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemikiran Cerdas Saudara (Muslim)

      Memang begitu harusnya tidak perlu di debatkan

      Hapus
  25. WADUH BANYAK SEKALI Ya YG IRI PADA AGAMA (KHATOLIK) AGAMA BESAR PERTAMA DI DUNIA DI BUMI DI PLANET INI KWKWKWKWKWK



    ITU KAN TRADISI KRISTEN NAPA ISLAM YG NGAKU2 SIH Wkwkwkwkw



    OOOYY SEKALIAN AJE NATAL PUNYA LU JUGA WKWKWkW

    BalasHapus
  26. lanjutkan saja dibangun ..... memang siapa sih yang duluan memakai kubah? pengetahuan orang FPI memang perlu di tambah.
    lanjut terus, makin didiamkan makin ngelunjak .......

    BalasHapus
  27. tradisi kita-pun di permasalahkan oleh mereka, bahkan dianggap itu identitas mereka dan kita menirunya. miris sekali melihat masih ada yg seperti itu di bansa ini.

    BalasHapus
  28. Sebenarnya konstruksi kubah bukanlah mmerupakan suatu perlambang dari sebuah agama atau kepercayaan,, namun,, konstruksi kubah memang mempunyai daya tahan beban yang memang bagus,, sehingga banyak digunakan pada bangunan2 berukusan besar,, seperti di Hagia Sophia,,, bangunan gereja nya (sebelum menjadi masjid) berbentuk kubah besar,, itulah alasan arsitek dahulu menggunakan kuah,, supaya konstruksi atapnya lebih kokoh....

    BalasHapus
  29. Hmm, Pantheon?? Itu bangunan berkonstruksi kubah yang Pertama di dunia loh... dan tempat yang berlokasi di Roma Italia itu adalah kuil pagan tempat pemujaan terhadap dewa jupiter, dewa tertinggi agama pagan Romawi yang ada jauh sebelum Kristen dan Islam ada... so sepertinya konstruksi itu bukan lambang agamis, tapi lebih ke kultur...

    BalasHapus
  30. VATICAN juga seperti itu

    Siapa berani gugat vatican????

    BalasHapus