Jumat, 05 Juli 2013

“Griya Samadi” Romo Utomo Ditentang Ormas Islam

Salah satu bangunan mirip candi di pintu belakang kediaman Romo Utomo yang tidak boleh dilanjutkan

KLATEN - Griya Samadi milik Romo Utomo yang berada di Desa Rejoso, Jogonalan Klaten keberadaannya dipersoalkan gara-gara mengurus IMB di KPT Klaten. Rumah milik Romo Utomo ini sudah puluhan tahun dipakai untuk berbagai kegiatan, berdiri cukup lama di atas lahan 3800 m² di tengah kampung desa Rejoso, Jogonalan.

Rumah dengan halaman luas dan bangunan samping yang terdiri beberapa kamar dan di belakang berdiri Joglo yang sering dipakai kegiatan sosial, seminar, ngudaroso dan banyak kegiatan lainnya yang tidak pernah mengkotak-kotakan keyakinan ataupun agama. Kini tempat itu nampak agak disibukkan dan terlihat aparat keamanan dari TNI dan Kepolisian berjaga-jaga, meski santai namun suasananya berbeda dengan hari-hari sebelumnya.

Pembangunan di samping Joglo dan bangunan semacam candi di pintu belakang dihentikan sementara, para pekerja pun dialihkan untuk membangun jalan di sebelah rumah dan tanggul lapangan yang terletak tepat di belakang kediaman Romo Utomo.

Menelusuri jejak hidup Romo Utomo, membawa semangat tersendiri bagi hidup, semakin mencintai Tuhan, sesama, dan alam semesta; semakin menjadi Indonesia sejati, dan semakin menjadi Jawa sejati. Figur penggerak SPTN-HPS (serikat Paguyuban Petani dan Nelayan – Hari Pangan Sedunia) yang berdiri di tahun 1980-an dan merupakan pegiat organik.
 

Seperti layaknya rumah di perkampungan saat mendirikan jarang yang mencari IMB, termasuk di kala itu rumah Romo Utomo pun juga belum memiliki IMB, dalam rangka ulang tahun emas (50th) pelayanan menjadi romo, pendiri STPN-HPS ini berniat menyelenggarakan ulang tahun di kampung kelahiran. Berbenah rumah menjadi hal yang lumrah di saat akan menyambut tamu-tamu termasuk membangun beberapa kamar tidur untuk tamu-tamu dari jauh yang akan menginap.

Maka Romo memberitahukan ke warga masyarakat sekitar yang selama ini sudah cukup dekat dengannya untuk mengurus IMB atas rumah kediaman tersebut. Oleh Romo Utomo rumah ini diberi nama ”Griya Samadi”, jelas salah satu  pengurus rumah ini.

Namun dalam perjalanan untuk mendapatkan IMB, ada yang menghembuskan isu bahwa rumah tersebut akan dipakai untuk tempat ibadah/gereja, hal inilah yang akhirnya memantik beberapa Ormas Islam (FPI, FKAM, MMI, JAT). Saat audiensi dengan pemkab pun sudah dijelaskan bahwa IMB ini adalah untuk rumah kediaman dan dijadikan sebagai tempat berbagai pelatihan, seminar, dll. Tapi ormas-ormas tersebut tetap bersikeras menolak keberadaan tempat tersebut dan berencana merobohkannya.


Penanggungjawab pembangunan saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa baru saja Fauzan (25/06)  yang mewakili keempat ormas tersebut menanyakan pembangunan tambahan kamar di samping Joglo dan kami tegaskan bahwa ini bukan untuk gereja, tetapi Griya Samadi oleh KPT Pemkab Klaten kini menjadi persoalan. Keberadaan bangunan sudah lama dan selama ini tidak pernah terjadi masalah, Romo sangat dekat dengan warga, dan warga pun melihat berbagai bantuan yang diberikan Romo ke warga pun tidak pernah membeda-bedakan imbuhnya.

Beberapa warga yang ditemui menyatakan bahwa mereka tidak masalah atas pembangunan kediaman Romo Utomo, dan tidak benar apa yang diberitakan salah satu media beberapa waktu yang lalu.

ARTIKEL TERKAIT :

10 komentar:

  1. Islam Radikal, FPI memprovokator penyegelan & penutupan paksa gereja2 di NKRI.FPI memprovokator warga sekitar gereja sehingga warga menolak pembangunan izin gereja dengan memfitnah (mengambing hitamkan) gereja telah memalsukan (memanipulasi) tanda tangan warga.FPI Daangl dari semua peristiwa ini,
    FPI biang kerok, Arogan, Anarkis,,suka sweeping.
    Ngakunya Islam agama pembawa Damai & Rahmat Semesta Alam ternyata BULL SHIT, lihati perilaku FPI bejat dasar manusia berhati Iblis.

    BalasHapus
  2. masalah buat lo ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. masalah la goblok, klo lu g merasa itu sebuah masalah mungkin otak sama hati lu udah busuk. g ada gunanya lu hidup, mati aja lu mendingan, g guna juga orang ky lu hidup, menuh-menuhin bumi, bikin rusak suasana orang ky lu tong

      Hapus
  3. FPI anti Maksiat & kemungkaran tetapi doyan jatah preman dari uang haram tempat hiburan malam.
    FPI merazia warung makan di siang di bulan Ramadhan tetapi mencuri dompet pembeli.
    FPI merazia toko Miras di bulan Ramadhan tetapi mencuri botol bir
    FPI menabrak warga Kental hingga tewas, FPI tdk ada itikad baik langsung kabur.
    Rasakan akibatnya Mobil FPI di bakar massa.
    FPI Preman Berjubah berkedok Islam.
    Islam Rahmatan Lil Alamin hanya BULL SHIT.

    BalasHapus
  4. Pertanda bahwa FPI takut pada kebesaran nama Tuhan !

    BalasHapus
  5. Blog pemecah belah & pengadu domba......,gembala oh gembala jgn suka mngadu domba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh gembala liar,,, tolong di bina ini domba biar ke jalan yang benar

      Hapus
  6. "Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala." [Yohanes 10:16]. catatan penulis:Domba lain adalah suatu bentuk perumpamaan bagi org2 yg msh belum prcya bhw Yesus adalah Allah yg sdh prnh turun k dunia u menebus dosa manusia. Tp sayang skali,msh bnyk umat ciptaanNya blom mengenalNya..kiranya Tuhan menyentuh hatinya bagi yg belum mengenal Engkau Tuhan.. God Bless Us

    BalasHapus
  7. Alasan paling utama Yesus ialah Allah adalah bahwa jikalau Dia bukan Allah, kematianNya tidak cukup untuk membayar hukuman dosa dunia (1 Yohanes 2:2). Hanya Allah yang sanggup membayar hukuman yang begitu besar. Hanya Allah yang dapat menanggung dosa seisi dunia (2 Korintus 5:21), mati dan dibangkitkan – membuktikan kemenanganNya atas dosa dan kematian.
    saudara boleh percaya atau tidak,,suka atau tidak suka, yang jelas Yesus akan datang ke dunia lagi untuk menjadi hakim (IMAM MAHDI) bagi semua orang yg tidak mengakui Dia (Yesus kristus) Adalah Allah Bapa sendiri....

    hanya melalui Yesus Orang dapat sampai kepada Bapa ...bukan kerena usaha dan perbuatan baikmu (Efesus 2:28). Msh bnyk umat manusia hny sekedar mengenal bhw penciptanya adlh Allah, Allah adlh mahakuasa,maha adil,maha smuanya tp manusia tdk mengenal lbh jauh lg sapa Allah itu sbnr ny dan msh bnyk yg blom prcy bhw Allah prnh turun k dunia dlm bentuk rupa manusia yaitu Yesus kristus..Bnyk manusia menyebut Dia cuma nabi,guru,rasul tp Yesus Kristus tdk prnh menghakimi manusia hny krn sebutan tsb, Yesus Kristus slu menunggu kita manusia slma kita di dunia agar prcy pdNya bhw Dia lh juruslamat, Allah
    sendiri...Sia sia hidup kita jika qt slma hidup d dunia tdk prnh mempercayai bhw Dia adlh Allah.. Salam damai Kasih dlm nama Yesus Kristus.

    BalasHapus